Membahas sedikit tentang penyederhanaan RPP menjadi satu halaman. Mendikbud menegaskan RPP tersebut boleh memuat tiga komponen inti saja yang terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian atau Asessment. Dengan regulasi baru ini yang dasarnya adalah surat edaran mendikbud nomor 14 Tahun 2019, maka Guru bisa menyederhanakan RPP dari 13 komponen menjadi 3 komponen.
Sesuai dengan judul Posting, di laman ini akan dibagikan referensi contoh RPP PJOK kelas 1 Semester Ganjil Tahun pelajaran baru 2020-2021. Adapun ketiga komponen inti yang dimuat kedalam RPP sebagai berikut :
A. Tujuan Pembelajaran
• Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
1. Setelah Menonton Video melakukan gerakan pada permainan sederhana yang dikirim guru ke WA Grup, siswa dapat berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
2. Setelah Menonton Video mempraktikkan gerakan pada permainan sederhana yang dikirim guru ke WA Grup, siswa dapat berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
B. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
• Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
REFLEKSI DAN KONFIRMASI
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
C. Penilaian
Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)
Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh atau tampilan RPP 1 Lembar kelas 1 tema 1 Semester ganjil subtema 1 pembelajaran 1 yang bisa dijadikan referensi.
Sesuai dengan judul Posting, di laman ini akan dibagikan referensi contoh RPP PJOK kelas 1 Semester Ganjil Tahun pelajaran baru 2020-2021. Adapun ketiga komponen inti yang dimuat kedalam RPP sebagai berikut :
A. Tujuan Pembelajaran
• Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
1. Setelah Menonton Video melakukan gerakan pada permainan sederhana yang dikirim guru ke WA Grup, siswa dapat berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
2. Setelah Menonton Video mempraktikkan gerakan pada permainan sederhana yang dikirim guru ke WA Grup, siswa dapat berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
B. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
- Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
- Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
- Melalui Grup Whatsapp , guru mengirimkan Link video pembelajaran terkait dengan materi Yang behubungan dengan melakukan gerakan pada permainan sederhana.
- Melalui Grup Whatsapp, Guru memberikan tugas kepada siswa
- Melalui Grup Whatsapp , guru mengirimkan Link video pembelajaran terkait dengan materi yang berhubungan dengan Cara bekerjasama dengan teman.
- Melalui Grup Whatsapp, Guru memberikan tugas kepada siswa
- Melalui Grup Whatsapp , guru mengirimkan Link video pembelajaran terkait dengan materi yang berhubungan dengan Cara mengikuti aturan sebuah permainan.
- Melalui Grup Whatsap, Guru memberikan tugas kepada siswa
- Melalui Grup Whatsapp , guru mengirimkan Link video pembelajaran terkait dengan Cara mengingat nama lengkap dan panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain.
• Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
REFLEKSI DAN KONFIRMASI
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
C. Penilaian
Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)
Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh atau tampilan RPP 1 Lembar kelas 1 tema 1 Semester ganjil subtema 1 pembelajaran 1 yang bisa dijadikan referensi.
DOWNLOAD FILE: GOOGLE DRIVE (Format DOC)
Demikianlah informasi yang bisa guru-id tulis terkait dengan rpp kelas 1 SD tema 1 ini. Semoga bermanfaat untuk penyusunan perangkat mengajar anda.