RPP Daring PAI dan Budi Pekerti Kelas 1 SD 2020


RPP Daring PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 1 SD 2020. Membahas masalah Perangkat Pembelajaran di era pandemi memang tidak akan akan pernah ada habisnya. Para pendidik diharuskan untuk berkreasi untuk bisa memodifikasi perangkat pembelajaran yang bersifat daring maupun luring, demi kelancaran pembelajaran anak didik di era pandemi ini.

Berbicara mengenai perangkat pembelajaran, tentu saja tidak akan lepas dari yang namanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP pada masa pandemi ini terbagi menjadi dua, yaitu RPP Daring dan RPP Luring.

Pada Kesempatan ini, Admin kembali akan membagikan RPP Daring PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 1 SD 2020 yang semoga saja bermanfaat untuk para pembaca semuanya, khususnya para pembaca yang berprofesi sebagai guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti Sekolah Dasar yang pembelajaran di sekolahnya menggunakan sistem daring.

Bagi para pembaca yang kebetulan kegiatan belajar mengajar di sekolahnya menggunakan sistem daring dan membutuhkan Laporan Kegiatan Pembelajaran Daring yang nantinya di laporkan kepada kepala sekolah maupun pengawas, bisa download Laporan Pembelajaran Daring di link yang sudah Admin sediakan di bawah ini :

Cakupan RPP Daring PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 1 SD 2020

Cakupan yang ada di dalam dokumen RPP Daring PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 1 SD 2020 yang akan Admin bagi ini berupa : 
  1. Pemetaan KI dan KD
  2. Silabus 
  3. RPP Daring 
Adapaun format dari RPP Daring PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 1 SD 2020 :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING (RPP DARING)

Nama Sekolah                :         SDN New Normal

Mata Pelajaran               :         Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester               :         I / 1

Pembelajaran 1              :         Aku Cinta Al-Qur’an

Materi Pokok                 :         Lafal huruf hijaiyah

Alokasi Waktu                :         1 x 4 Jam Pelajaran ( 4x 20 menit)

Tanggal Pelaksanaan      :         23 September 2020

                                      
A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui metode/model/strategi saintifik peserta didik mampu:
  • Nama-nama huruf hijaiyah dengan benar
  • Menyebutkan jumlah huruf hijaiyah  berharakat fathah dengan benar
  • Mengidentifikasi bentuk-bentuk huruf hijaiyah dengan benar
  • Menunjukkan perilaku percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya
  • Membaca al Quran sesuai dengan makharijul huruf dengan benar.
Karakter siswa yang diharapkan : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan
1. Guru menginformasikan melalui WA bahwa waktu pembelajaran akan segera dimulai dan peserta didik dibantu oleh orang tua segera membuka WA group dan mempersiapkan diri dengan baik.
2. Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius,
3. Kemudian menyapa dan memeriksa kehadiran dengan mengisi daftar hadir di Google form yang di sampaikan lewat WA. Communication serta menyampaikan tujuan pembelajaran. 

Kegiatan Inti
  • Guru meminta peserta didik untuk mengamati video lagu nama-nama huruf hijaiyah melalui link youtube : http//…..
  • Peserta didik menirukan lagu huruf hijaiyah sesuai dengan apa yang dilihatnya dalam video.serta mengulang-ulang. Mandiri and Communication
  • Guru meminta peserta didik untuk membaca nama-nama huruf hijaiyah di dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 1 hal 13. Kemudian menulisnya di buku catatan PAI. ( Creatifity)
  • Peserta didik menyimak penguatan dan penjelasan dari buku dan video yang berkaitan dengan nama-nama huruf hijaiyah
  • Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya melalui tulisan/Voice WA. Communication
  • Peserta didik dibantu orang tua mengirim catatan / tulisan huruf hijaiyan melaui WA grup dalam bentuk photo.
Kegiatan Bersama Orang Tua
  • Orang tua diminta untuk memeriksa buku catatan/hasil pekerjaan peserta didik dan membantu mengirimkan hasil pekerjaan peserta didik pada guru.. 
Kegiatan Penutup
  • Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari melalui WA group
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin).
C.  PENILAIAN
  • Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
  • Penilaian Pengetahuan :  Tes tertulis / Daring
  • Penilaian Keterampilan : -
    
Mengetahui,                                                                 Semarang, 2 Nopember 2020

Kepala SDN/SDS NOW NORMAL                                                     
Guru PAI

            ………………………                                                               ………………………..

            NIP.                                                                                         NIP.


Download RPP Daring PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 1 SD 2020

Bagi para pembaca yang ingin mengunduhnya, bisa mengklik tautan yang Admin sudah Admin sediakan di bawah ini :


Harap diingat, file RPP Daring PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 1 SD 2020 ini menggunakan ekstensi RAR, jadi masih harus di ekstrak lagi. Untuk yang tidak terbiasa mengekstrak file dengan menggunakan smartphone, baiknya para pembaca menggunakan laptop atau PC untuk mengekstraknya agar lebih mudah.

Demikian postingan RPP Daring PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 1 SD 2020 dari kami, semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca semuanya. Terima kasih.