RPP Daring PAI dan Budi Pekerti Kelas 2 SD 2020


Membahas masalah Perangkat Pembelajaran di era pandemi memang tidak akan akan pernah ada habisnya. Para pendidik diharuskan untuk berkreasi untuk bisa memodifikasi perangkat pembelajaran yang bersifat daring maupun luring, demi kelancaran pembelajaran anak didik di era pandemi ini.

Berbicara mengenai perangkat pembelajaran, tentu saja tidak akan lepas dari yang namanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP pada masa pandemi ini terbagi menjadi dua, yaitu RPP Daring dan RPP Luring.

Pada Kesempatan ini, Admin kembali akan membagikan RPP Daring PAI dan Budi Pekerti Kelas 2 SD 2020 yang semoga saja bermanfaat untuk para pembaca semuanya, khususnya para pembaca yang berprofesi sebagai guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti Sekolah Dasar yang pembelajaran di sekolahnya menggunakan sistem daring.

Bagi para pembaca yang kebetulan kegiatan belajar mengajar di sekolahnya menggunakan sistem daring dan membutuhkan Laporan Kegiatan Pembelajaran Daring yang nantinya di laporkan kepada kepala sekolah maupun pengawas, bisa download Laporan Pembelajaran Daring di link yang sudah Admin sediakan di bawah ini :

Cakupan RPP Daring PAI dan Budi Pekerti Kelas 2 SD 2020

Cakupan yang ada di dalam dokumen RPP Daring PAI dan Budi Pekerti Kelas 2 SD 2020yang akan Admin bagi ini berupa : 
  1. Pemetaan KI dan KD
  2. Silabus 
  3. RPP Daring dan Penilaiannnya 
Adapaun format dari RPP Daring PAI dan Budi Pekerti Kelas 2 SD 2020 seperti di bawah ini :
                              
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING(RPP DARING)


Nama Sekolah              :        

Mata Pelajaran            :         Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester             :         II / 1

Pembelajaran 1            :         Senang Bisa Membaca Al-Qur’an

Materi Pokok               :         B. Menulis dan melafalkan huruf hijaiyah bersambung

Alokasi Waktu             :         4 JTM ( 4 x 20 menit )

Tanggal Pelaksanaan  :         -

           
A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan bimbingan guru, peserta didik terbiasa membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

2. Dengan bimbingan guru, peserta didik menunjukkan perilaku percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman huruf hijaiyah bersambung

3. Dengan bimbingan guru, peserta didik melafalkan huruf hijaiyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf

4. Dengan bimbingan guru, peserta didik mampu menunjukkan dan melafalkan huruf hijaiyah bersambung dengan tepat.

5. Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Mandiri, Integritas, kedisiplinan.

B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan
  1. Guru menginformasikan melalui Whatsaap/WA bahwa waktu pembelajaran akan segera dimulai dan peserta didik dibantu oleh orang tua segera membuka WA group / Google ClassRoom dan mempersiapkan diri dengan baik.
  2. Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius.
  3. Kemudian menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik (dalam pesan suara Whatsaap/WA). Communication serta menyampaikan tujuan pembelajaran. 
Kegiatan Inti
  • Guru mengirim sebuah gambar/video yang berisi potongan huruf hijaiyyah tunggal dan sambung.
  • Peserta didik mengemukakan isi gambar dengan menulis di buku catatan PAI. Mandiri
  • Guru memberikan penjelasan lewat video tentang huruf hijaiyah yang terangkai dalam satu kata. Dengan penjelasan ini diharapkan peserta didik mampu melafalkan huruf hijaiyah sesuai dengan makharijul hurufnya.
  • Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya melalui melalui pesan WA/komentar Google Classroom. ( opsional/bisa diskip)
  • Guru mengirim gambar yang berisi potongan-potongan kalimat huruf hijaiyah bersambung. Kemudian siswa membaca kalimat tersebut
  • Masing masing peserta didik memvideo hasil bacaannya kemudian mengirim di group pesan WA/komentar Google Classroom. Disiplin
Kegiatan Bersama Orang Tua
  • Orang tua diminta untuk membantu dalam proses pembuatan video peserta didik dan membantu mengirimkan hasil pekerjaan peserta didik pada guru.
Kegiatan Penutup
  • Melakukan penilaian hasil belajar untuk mengukur ketercapaian hasil belajar.
  • Menshare bunyi do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) lewat melalui pesan WA/komentar Google Classroom.
C.  PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan : tertulis (LK /Google Form)
Penilaian Keterampilan


Mengetahui,

Kepala SDN

 
S. Pd. SD

NIP.

Download RPP Daring PAI dan Budi Pekerti Kelas 2 SD 2020

Bagi para pembaca yang ingin mengunduhnya, bisa mengklik tautan yang Admin sudah Admin sediakan di bawah ini :


Harap diingat, file RPP Daring PAI dan Budi Pekerti Kelas 2 SD 2020 ini menggunakan ekstensi RAR, jadi masih harus di ekstrak lagi. Untuk yang tidak terbiasa mengekstrak file dengan menggunakan smartphone, baiknya para pembaca menggunakan laptop atau PC untuk mengekstraknya agar lebih mudah.

Demikian postingan RPP Daring PAI dan Budi Pekerti Kelas 2 SD 2020 dari kami, semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca semuanya. Terima kasih.