Implementasi Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Madrasah


Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia di Madrasah (AKSI Madrasah) merupakan program pemetaan capaian pendidikan untuk memantau mutu pendidikan madrasah yang menggambarkan pencapaian kemampuan peserta didik melalui survey yang sifatnya longitudinal.

AKSI Madrasah sebagai Baseline Informasi untuk Penentuan Kebijakan Peningkatan Pendidikan Madrasah.

AKSI Madrasah dirancang untuk membantu guru dalam memperoleh informasi akurat tentang kompetensi peserta didik dalam hal literasi membaca, literasi numerik, literasi sains, dan literasi sosial budaya.
  • Literasi Membaca : Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
  • Literasi Numerasi : Matematika (untuk MI dan MTs); Matematika dan IPA (untuk MA).
  • Literasi Sains : IPA (MI kelas atas dan MTs), Biologi, Fisika, dan Kimia (MA).
  • Literasi Sosial Budaya : IPS, PKn, Keagamaan (kecuali bahasa Arab), dan Bimbingan Konseling (BK).
Melalui AKSI Madrasah, Kementerian akan memiliki basis diagnostik yang kuat untuk menentukan kebijakan mutu pendidikan madrasah, memperbaiki mutu pembelajaran, meningkatkan kapasitas guru, dan membangun budaya belajar.

Rencana Pelaksanaan AKSI Madrasah

1. Tahun 2020
  • Pengembangan Instrumen AKSI Tingkat MI.
2. Tahun 2021
  • Implementasi AKSI pada 50% MI (sekitar12.800 MI).
  • Pengembangan Instrumen AKSI Tingkat MTS dan MA.
  • Bimtek Tindak Lanjut,
3. Tahun 2022
  • Implementasi AKSI pada 50% MI (sekitar12.800 MI).
  • Pengembangan Instrumen AKSI Tingkat MTS dan MA.
  • Bimtek Tindak Lanjut,
4. Tahun 2023
  • Tindak lanjut reformasi mutu.

Road Map AKSI Madrasah
  1. Jangka menengah : Uji coba/Uji Validitas dan Reliabilitas Tanggal 16 November 2020.
  2. Jangka panjang : Tahun 2021 Pelaksanaan AKSI Madrasah pada siswa kelas 5 MI bersifat Sensus dengan pendampingan tindak lanjut perbaikan pembelajaran.
  3. Menjadi Program Pendis : Berlaku untuk seluruh tingkatan madrasah.
  4. Budaya Mutu Madrasah : Menjadi bagian dari pelayanan mutu madrasah dalam meningkatkan kompetensi siswa Madrasah di abad 21.
Manfaat AKSI

1. Manfaat Internal
Kementerian Agama (Pemerintah)dan Madrasah memiliki basis diagnostik yang kuat untuk
menentukan kebijakan mutu pendidikan madrasah dalam hal :
• Perbaikan mutu Pembelajaran
• Peningkatan mutu kapasitas guru
• Membangun budaya belajar

2. Manfaat Eksternal
Tersedianya SDM bermutu dalam segala bidang kehidupan
• Pelayanan publik lebih baik
• Kesejahteraan meningkat

Informasi selengkapnya mengenai impelementasi Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia di Madrarash (AKSI Madrasah) dapat dibaca dan diunduh pada link berikut ini.
Demikian informasi mengenai implementasi Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia AKSI Madrasah. Semoga bermanfaat.